Light Grey Pointer

10 Keunikan Kota Bandung!

by - Maret 28, 2018

Hai, semuanya! Siapa, sih yang tak kenal dengan kota Bandung? Yang pasti kota ini sangat terkenal di Indonesia, ya! Lantas, kenapa kota Bandung ini bisa begitu terkenal? Ada beberapa faktor yang mendorong kota ini menjadi populer, yaitu di antaranya adalah sejarahnya, alamnya, kulinernya, dan tempat-tempat wisatanya yang kebanyakan mengutamakan keindahan alam. Mau tahu beberapa keunikan dari kota ini? Yuk, kita simak!

1. Bandung itu sejuk dan dingin!
Daerah kota bandung merupakan daerah dataran tinggi, maka tak heran kalau berkunjung ke Bandung dimana-mana saja ada pegunungan. Karena dataran yang tinggi inilah maka Kota Bandung sangat dingin. Konon katanya, dahulu kala Bandung merupakan danau purba yang besar dan disebut sebagai "Danau Bandung" atau "Situ Hiang". Lalu sekitar 3.000 tahun yang lalu, danau ini mulai surut.

2. Makanan di Bandung khas dan beragam!
Beragam kuliner yang enak bisa ditemukan di Bandung. Untuk contoh lebih lengkapnya bisa lihat Rekomendasi Makanan Khas Bandung. Para wisatawan pun tertarik untuk mencari kuliner-kuliner yang ada.

3. Shopping town! (Kota Belanja)
Bandung terkenal sebagai kota tujuan belaja. Factory outlet dan distro dapat ditemukan di sepanjang Jalan Dago dan Jalan RE Martadinata (Jalan Riau) untuk membeli pakaian. Selain pakaian, banyak juga toko-toko yang menjual oleh-oleh, seperti Pasar Baru dan Pasar Kosambi. Bagi penyuka sepatu, berbagai macam model sepatu tersedia di Cibaduyut. Tekstil di Cigondewah. Buku-buku dan majalah tua dapat ditemukan di kawasan Cikapundung dan pasar buku Palasari, Buahbatu.

4. Kota tua bersejarah
Jika berwisata ke Bandung, tak jarang dilihat bangunan-bangunan tua bekas peninggalan penjajahan pada zaman Belanda dahulu. Sampai sekarang pun masih dipelihara dan dilestarikan. Ada 637 bangunan tua di Bandung dan dipertahankan keberadaannya sebagai cagar budaya.

5. Bandung Lautan Api
Istilah "Bandung Lautan Api" tampaknya sudah tak asing lagi terdengar di telinga, ya! Pada pasca kemerdekaan Indonesia, Kota Bandung pernah dibumihanguskan. Peristiwa ini menimbulkan kerusakan bangunan-bangunan di sebagian kota Bandung dan dikenal sebagai peristiwa Bandung Lautan Api.

6. Konferensi Asia-Afrika
Di Bandung pernah dilangsungkan Konferensi Asia-Afrika pada tahun 1955 dan dihadiri oleh para pemimpin Asia-Afrika. Kota ini pernah disebut oleh Perdana Menteri India, Jawaharlal Nehru, dalam pidato di Konferensi Asia-Afrika, sebagai ibukota Asia-Afrika.

7. Kebun Binatang
Kebun binatang di Bandung ini didirikan pada tahun 1930 dan kemudian pada tahun 1933 diresmikan oleh BZP (Bandung Zoological Park). Kebun Binatang Bandung ini menjadi salah satu kawasan yang sangat diminati masyarakat.

8. Kota Kembang
Karena keasriannya, Bandung mendapatkan julukan "Kota Kembang". Sebutan ini diduga sudah muncul sejak zaman kolonial di mana para gadis Belanda sering mengadakan karnaval dengan memakai sepeda atau kereta yang marak dengan hiasan bunga.

9. Paris van Java
Bandung sering diibaratkan sebagai kota Paris-nya Indonesia. Julukannya berasal dari Jalan Braga, yang pada zaman dahulu merupakan tempat berkumpulnya orang-orang Belanda untuk berbelanja atau berjalan-jalan. Bangunan berarsitektur Eropa di Jalan Braga ini pun masih berdiri kokoh.

10. Kota Pendidikan
Bandung merupakan kota pertama yang memunculkan perguruan tinggi teknik di Indonesia, yaitu Technische Hoogeschool, sekarang berganti nama menjadi Institut Teknologi Bandung (ITB) yang sudah tak asing lagi didengar oleh telinga, dan Soekarno pernah menempuh pendidikan di institut tersebut.

Itulah ke-10 keunikan dari kota Bandung! Semoga para pembaca sekalian tertarik untuk mengunjungi Bandung, ya!
source: http://belindomag.nl/id/seni-budaya/10-keunikan-kota-bandung

You May Also Like

1 komentar

Instagram